WordPress Back-end, Tombol “Add media” dan switch text to visual tidak berfungsi pada Post dan Page

You found this problem? Calming down dear WP user.. Take a deep breath. It’s not a big problem. Seriously! Let’s find out why it could happened to you!

Lagi-lagi troubleshooting WordPress. Pagi ini client saya mengalami bug pada back-end web miliknya yang dibuat dengan WP. Bug terjadi setelah beberapa hari yang lalu saya meng-UPDATE versi wordpress(setelah sekian lama, bayangkan versi sebelumnya WP 4.0.10, jadul bgt kan?! Sekarang sih udah yang terbaru 4.4.2 hahaha).  Ya jadi gitu deh awalnya saya cuma mikirin front-end nya saja yang berjalan sangat normal *fiuhh… Tapi pagi ini client saya mengirimkan email dan mengatakan bahwa button “Add Media” dan tab switch “Visual-Text”  pada POST dan PAGE tidak berfungsi.

 

Awalnya udah panik, kirain gara-gara update WP lalu dunia berhenti berputar(alahhhh lebay!). Soalnya server yang dipakai udah jadul. Versi PHP yang running aja masih PHP 5.2. Sempet kepikiran masalahnya ada pada server jadul sialan. Tapi ternyata nggak ding haha. Masalahnya simple. Sesimpel mengeluarkan upil dari sarangnya. FYI: wordpress terbaru yakni 4.4.2 masih bisa running normally di PHP 5.2, yang kadang masalah palingan plugin atau template lama yang dipakai.

 

Ini cuma masalah plugin-plugin yang juga jadul and minta di update juga. Jadi untuk memastikan bahwa masalahnya adalah plugging, coba kamu rename folder “plugins” yang ada pada direktori file WP kamu. Cek di “wp-content/plugins” nah coba rename folder plugin itu sebentar aja lalu cek kembali apakah tombol “Add media” sudah dapat berfungsi kembali (inget refresh dulu sebelum di coba). And taraaa…. mau berfungsi seperti semua (I mean bisa buka folder media yang buat nambahin foto ke dalam post/page gitu lho). Udah gitu sekarang cek satu-satu deh dari plugin-plugin yang kamu pakai. Dijamin ada satu plugin sialan yang jadi biang keroknya. Kalo pada client saya yang masalah itu adalah plugin “WP Multibyte Patch“. Tinggal di update aja plugin-nya. Udah gitu aja kok. Beres. Pengalaman lain pada forum masalanya ada pada plugin All in One SEO Pack, tapi di saya ga kenapa-kenapa tuh plugin SEO. But, find out your own f*ckin plugin patiently, guys! Hope this post help you to solve your problem

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s