Bisakah blog wordpress didaftarkan pada google adsense?

Hello readers… Apa kabar? Semoga sehat semua ya. Kali ini saya akan membahas mengenai google adsense untuk para wordpress blogger. Setelah lama berkecimpung di dunia blogging, mungkin pernah terbersit di benak kamu untuk mendapatkan sedikit penghasilan dari tulisan-tulisan yang kamu buat. Nah yang mungkin pertama kali terpikir adalah menambahkan Advertisement. Hanya dengan mendapatkan klik pada ads maka pundi-pundi kamu akan bertambah beberapa dolar. Salah satu penyedia jasa ads tersebut adalah Google adsense.

Kamu bisa mendaftarkan sitemu disini Google Adsense Sudah dibuka? Coba daftar dulu guys. Jangan lupa, harus punya akun gmail untuk bisa daftar ya. Jika sudah, pada step pertama, kita akan diminta untuk memasukkan alamat website yang akan dipasangi ads(Advertisement). Nah coba masukkan link blog wordpress kamu. Contoh: majesticmaiden.wordpress.com

Saya yakin blog wordpress kamu akan ditolak. Kenapa? Karena Google Adsense TIDAK mengijinkan website blog dari wordpress.com untuk didaftarkan pada google adsense alias ga bisa ditambahin ads dari google, man… Ahh ga seru nih, padahal kan google adsense ini paling terkenal diantara penyedia layanan ads lainnya (OpenX, Lijit, BuySellAds, and Vibrant Media). Sedih deh. Alasan penolakannya adalah karena Google adsense tidak menerima alamat website dengan subdomain. Subdomain itu apaan? Jadi subdomain itu domain tingkat kedua guys. Contoh ya, tempat para blogger gretongan membuat blog itu di http://www.wordpress.com kan? Nah itu namanya domain. Dan outputnya kita punya blog gratisan dengan alamat yang kita mau, contoh nih: http://www.bloggue.wordpress.com dan ini lah yang di sebut subdomain. Jadi domain ini bukan punya kamu tapi punya si wordpress, kamu cuma numpang, termasuk saya juga wkwkwkwkwkwk. Ini nih kenapa kita ditolak sama Google Adsense. Kasian… udah bikin blog menggebu-gebu. Trafficnya udah lumayan bagus. Giliran mau nambahin ads ga bisa. Bukan cuma kita ga bisa dafatarin blog kita di Google Adsense, ditempat lain jg ga bisa, man. Karena apa? karena wordpress.com punya layanan ads tersendiri jika ingin menambahkan iklan di blog wordpress kita (baca: blog gratisan dari wordpress). Namanya WordAds. Horeee bisa ngasi ads juga ternyata!!!

Entah itu kabar baik atau kabar buruk. Coba daftarin lagi blog gratisan kamu di WordAds, kalo masih niat banget sih nambahin ads. Request invitation trus apply. Trus gimana? Bisa guys bisa, tapi mesti pake domain berbayar alias beli domain. Huaaaaaaa. Jadi intinya blog wordpress.com gratisan yang kamu punya, hanya bisa ditambahkan Ads dari wordpress itu sendiri yang namanya WordAds, dan hanya bisa dilakukan jika blog kamu menggunakan custom domain alias beli domain baru. Udah gitu kesimpulannya.

Saran saya sih, kalau memang passion kamu menulis blog, pakai blog wordpress yang gratisan aja udah sangat amat cukup. Tapi kalo kamu punya jiwa pebisnis dan sudah terlanjur bikin blog wordpress, coba beli domain biar bisa pasang WordAds deh, kalo kamu agak pelit udah ikhlasin aja ga usah pake ads segala. Puter otak dikitlah, coba pasang banner di sidebar yang bisa mengiklankan produk yang bisa dijual dan menghasilkan duit. Coba lirik ke sidebar saya di kanan kamu, guys. Ada promosi produk yang saya jual lho. Saya jualan Bali Ratih dan Sepatu branded. Nah bisa ngiklan juga kan. Ya udah klik donk iklan saya, hehehe ngarep banget. Kalo diklik makasi lho, kalo sampe belanja… wah makasi dan jangan lupa belanja kembali wkwkwkwkwk

Maaf yaa, namanya juga usaha. Eh tapi buat yang belom punya blog dan berjiwa gratisan, masih ada peluang emas kalo mau menyasar Google Adsense sebagai pendapatan. Buat blog nya di Blogspot atau Weebly aja. Blogspot masih bagian dari Google jadi bisa ditambahin Google adsense. Tapi ya kalo tampilan dan fungsionalitas saya masih prefer ke wordpress sih ya. Lebih apik.

Untuk menguatkan artikel saya kali ini, bisa cek beberapa link berikut untuk menambah pertimbangan ya. Kurang baik apa coba, hehe
http://roadtoblogging.com/adsense-for-subdomain/
https://en.support.wordpress.com/advertising/
https://productforums.google.com/forum/#!topic/adsense/CS3Kspu2ZU8

Advertisements

12 thoughts on “Bisakah blog wordpress didaftarkan pada google adsense?

  1. waah, makasi banyak infonya hehe saya denger2 juga sekarang walaupun udh punya domain sendiri di wordpress tapi blog yang bahasa indonesia udah gak bisa dipasangin wordads juga, jadi sedihnya berlapis lapis 😀 eh tapi ide buat bikin ads jualan sendiri seru juga haha *salam kenal

  2. makasih infonya sob…
    saya rasa mah pake gratisan cuma buat ngeBlog uda cukup hehe maklum nubi

    jalan-jalan ke tempat saya yak masih acak-acakan butuh kripik pedas dari para senpai

    katakakankatakublog.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s