Admin Menu WordPress Hilang

Kemarin salah satu website client saya mengalami trouble (website build with: WordPress 4.0.1). Tiba-tiba setelah menambahkan posting Admin menu menghilang. Hmmm saya pikir ini aneh sekali. Tapi untungnya masalah ini bisa terselesaikan. Bagaimana caranya? ayo lanjut baca

Sekedar info untuk newbie wordpress yang saya maksud disini bukan yang bersumber dari wordpress.com tapi wordpress.org
Perbedaannya cek di sini.

admin menu wp

To the point saja, masalahnya bisa terjadi karena beberapa kemungkinan:

  1. Terjadi konflik dengan plugin: untuk mengecek, coba rename folder plugins yang terdapat pada folder wp-content melalui FTP client. Bila berhasil mengembalikan Admin menu seperti semua, maka masalahya ada pada salah satu plugin yang anda gunakan. Silahkan dicek satu persatu.
  2. Masalah autorisasi user: kadang secara tidak sadar kita salah melakukan setting. Hanya admin dengan tipe administrator yang dapat mengakses semua menu. Coba cek kembali ya apakah user login Anda dibatasi hak aksesnya atau tidak.
  3. Salah satu file dalam folder WP-admin mengalami perubahan/dirubah/corrupt/dihapus. Inilah penyebab dari masalah yang dialami oleh client saya kemarin. Hari ini saya tangani dengan me-replace folder wp-admin lama dengan wp-admin yang baru (perlu diingat versi wordpress harus sama). Maksud saya disini adalah, jika terjadi perusakan pada salah satu file pada Wp-admin, untuk menghemat waktu kita dapat dengan mudah me-replace folder wp-admin yang rusak dengan wp-admin baru dari wordpress.org (tentunya dengan versi wordpress yang sama dengan yang digunakan oleh client saya)

 

So, semoga bermanfaat ya guys. See you on next post

Leave a Reply

