Tips Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Selamat siang guys…

Well, bibir pecah-pecah adalah masalah kesehatan yang lumrah terjadi ya. Bukan masalah besar kok, cuma bibir pecah-pecah doang bukan kiamat. Eiittsss.. seenak jidat loe aja bilang bukan masalah besar!! haha.. kenapa aku keki kalo sakit ini dibilang masalah sepele? Karena sakit ini cukup mengganggu aktivitas. Namanya juga sakit kan ga ada yang enak. Jadi bibir pecah-pecah ini sebelas duabelas lah sama sakit gigi apalagi sampe luka dan berdarah-darah (agak ngeri sih). Kesamaannya adalah sama-sama bikin sensi. Kalo ada yg ngajak ngomong bawaannya pengen marah. Kalo diajak ketawa, bibir terasa sakit karena pas lagi ketawa kan bibir melebar ya, jadi kulit-kulit bibir dengan luka menganga itu terasa semakin nyessss pas lagi ketawa. Biasanya bibir akan membentuk sejenis selaput untuk melindungi kulit bibir yang sedang meradang. Nah, selaput ini nih yang biasanya ga sedep di mata. Ganggu penampilan banget deh, bikin males ngomong, males pergi kemana-mana, males ketemu orang.

cara-mengesan-penyakit-melalui-tanda-sakit7
(gambar diambil dari : makeupbynurul.blogspot.com)

Mengatasi-bibir-kering-dan-pecah-pecah

(gambal diambil dari: blog-kertosono.blogspot.com)

Penyebab bibir  pecah-pecah ada beragam, diantaranya :

  1. Kurang minum air putih
  2. Kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran
  3. Sering menjilat bibir dengan air liur(air liur cenderung memicu kekeringan bibir)
  4. Paparan sinar matahari yang berlebihan
  5. Pasca sakit
  6. Alergi jenis makanan tertentu
  7. Mengkonsumsi makanan yang terlalu asam/asin secara berlebihan
  8. Mengkonsumsi makan bersantan dan gorengan dalam jumlah banyak
  9. Merokok dan minum minuman beralkohol

Kenali penyebab bibir pecah-pecah yang kamu alami, guys. Biar bibir kamu bisa selalu sehat. Bibir yang sehat*) kurang lebih seperti ini :

healthy-lips

(gambar diambil dari: loelmatz.blogspot.com)

*)warna bibir yang sehat tergantung dari warna asli bibir kamu

Nah berikut cara pengobatan jika kamu sedang mengalami bibir pecah-pecah :

Perbanyak konsumsi air putih

Saat bibir kamu sakit, perbanyaklah mengkonsumsi air putih. Normalnya 2 liter sehari. Kalu kamu menggunakan gelas belimbing itu kira-kira 12 gelas sehari. Serius deh ini bener-bener ngebantu pemulihan. Jangan disepelein ya…

Konsumsi buah dan sayur yang kaya vit. C

image

(gambar diambil dari: nona.karangkraf.com)

Boleh dijus atau dikonsumsi langsung juga lebih baik. Vitamin C yang terkandung di dalam buah akan membantu pemulihan. Atau bisa dioleskan langsung ke bibir, biasanya yang digunakan adalah buah mentimun. Karena mentimun kaya akan air dan vitamin C yang membantu mengengembalikan kelembaban bibir.

Minumlah minuman penyegar dan pencegah panas dalam

Nah ini penting ni guys. Saat meradang, bibir kamu membutuhkah bantuan ekstra dari obat-obatan. Salah satunya minuman penyegar dan pencegah sariawan. Minuman-minuman jenis ini biasanya juga mampu mengobati bibir pecah-pecah. Sebut saja Adem Sari, Larutan Cap kaki tiga, Jescool (merk ini yang biasanya aku minum kalo lagi panas dalam). Minumlah sesuai petunjuk penggunaan. Kalau kamu penderita gangguan lambung, sebaiknya diminum setelah makan dan jangan berlebihan dosisnya walaupun bibir pecah-pecahnya parah banget.

Gunakan Pelembab bibir

1376-tender-care-44k

(gambar diambil dari: enbac.com)

Kalau kamu berpikir bahwa bibir yang pecah-pecah dan sedikit luka itu akan semakin parah bila diolesi pelembab bibir dan membiarkannya begitu saja tanpa pelembab, maka kamu salah besar. Saat mengalami pecah-pecah, itu artinya bibirmu dalam keadaan sangat kering. Apalagi terkena udara luar dan paparan sinar matahari. Lindungi bibir kamu dengan pelembab bibir yang biasa kamu gunakan untuk menghindari masalah baru. Ini akan sangat membantu dalam menjaga kelembaban bibirmu. Beberapa hari yang lalu aku juga mengalaminya, bahkan sampai luka dan muncul selaput-selaput yang cukup mengganggu. Dan… taraaaa…. pelembab bibir Tender Care(produk oriflame) ini sangat membantu. Thank’s to oriflame. Bukan ngiklan loh ya, aku juga bukan member, tapi produk ini bener-bener jadi solusi.

Hindari kebiasaan buruk selama masa penyembuhan

Kebiasaan buruk yang dimaksud antara lain yaitu: merokok, minum minuman beralkohol, berjemur dibawah sinar matahari, makan-makanan yang: terlalu asam/asin, bersantan, spicy, gorengan. Untuk sementara hindari dulu kebiasan-kebiasaan tersebut agar proses penyembuhan semakin cepat. Biasanya bibir pecah-pecah ini berlangsung selama 2-5 hari. Tapi bukan berarti setelah sembuh boleh maruk dan kalap lagi ya, guys. Alangkah baiknya jalani hidup sehat. Karena sehat adalah sebagian dari iman.

Lekas sembuh ya, jangan lupa perbanyak konsumsi air putih 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s